Apa Sih Perbedaan Snorkeling Dan Diving? Temukan Disini!

Jika berbicara tentang dunia kelautan pasti akan sering juga mendengar kata Snorkeling dan Diving. Sebenarnya apakah snorkeling dan diving itu sama? Nah mari kita lihat perbedaan nya.

1. Perbedaan Snorkeling dan Diving

Snorkeling adalah sebuah kegiatan berenang / melihat objek dalam air dengan bantuan alat masker, snorkeling, fin.

gambar nama-nama alat snorkeling
  • Masker: Alat bantu melihat dalam air / kaca mata renang dengan silikon hingga menutup hidung disebut juga kacamata Selam
  • Snorkel: Alat bantu bernafas dalam permukaan air
  • Fin: Alat bantu bergerak dalam air sering disebut dengan kaki katak

Diving / Selam: Sebuah kegiatan di dalam air dengan menggunakan alat bantu pernafasan. Ingin tau lebih dalam tentang diving silahkan lihat pada SEJARAH DIVING
Diving identik dengan 3 jenis yaitu menggunakan scuba tank, menggunakan kompresor  / selam alami, tanpa menggunakan alat / freedive 'waktu terbatas menyesuaikan kemampuan sang penyelam'

foto diving dan alatnya

Diving yang baik dan standar Internasional menggunakan alat seperti foto diatas. Mengguankan peralatan selam seperti tabung, BCD, regulator, dll, serta yang salah satunya adalah alat snorkeling masker, snorkel, fin.

- Cek apa saja peralatan untuk diving?

Jadi bisa dikatakan alat snorkeling merupakan alat dasar untuk kita dapat melakukan aktivitas di permukaan air, berbeda dengan diving yang mana membutuhkan alat tambahan agar kita bisa berada di dalam air bahkan hingga puluhan meter dengan waktu yang cukup lama.


2. Perbedaan Snorkeling dan Diving

Sekarang silahkan saksikan cuplikan prebedaan Snorkeling dan Diving jika dilihat secara visual.

SNORKELING

DIVING


Dari sedikit penjelasan diatas diharapkan anda sudah mulai mengerti tentang snorkeling dan diving, apakah kegitan itu sama atau berbeda? dimana letak perbedaanya?

Bagi anda yang ingin berlajar diving biasanya akan melewati dahulu tahapan snorkeling untuk menyesuaikan diri menggunakan peralatan dasar berenang.