10 Tips Mudah Night Dive Atau Penyelaman Malam

Teringat akan pengalaman night dive di salah satu pulau terindah di pulau Jawa. Bersama sehabat saya mencoba untuk melakukan penyelaman di pelabuhan, namun yang membedakan disini adalah bukan pagi / siang / sore hari melainkan kami menyelam pada malam hari.

Sungguh pengalaman yang tidak akan terlupakan untuk pertama kalinya saya menyelam pada malam hari. Segala perlengkapan untuk penyelaman malam akan lebih banyak dan safety dibandingkan dengan cahaya terang seperti siang hari.

Dari pengalaman penyelaman malam  / night dive pertama saya dan teman-teman tersebut timbul untuk berbagi bagaimana caranya / tips yang benar dan aman bagi para penyelam malam apalagi yang masih pemula.

TIPS NIGHT DIVE

tips night dive1. Pastikan tujuanmu kenapa melakukan night dive
Hampir sama dengan langkah / prosedur kenapa kita harus menyelam? apa yang akan kita kerjakan dibawah? Pada malam haripun sama, harus ada brifing terlebih dahulu apa target kita saat menyelam malam agar waktu yang kita gunakan saat menyelam menjadi efisien.

2. Alat Lengkap
Salah satu pengalaman menarik saat night dive pertama kali adalah ketika senter yang saya bawa mati / batre habis dan ini membawa adrenalin saya secara pribadi menjadi sangat terpacu. tapi untungnya ada tips nomer 3

3. Jangan menyelam sendirian saat night dive
Untungnya saya memiliki teman yang berdampingan dengan saya, saat itulah sangat terasa bahwa buddy adalah setengah dari nyawa kita.

4. Jangan arahkan senter pada mata
Bagi yang tak terbiasa pasti kita akan menunjukkan senter di bagian muka teman kita untuk mengetahui siapa dia dan apa yang akan dilakukannya. Namun ini bisa berakibat buruk untuk teman kita pada bagian pengelihatannya. Maka arahkan senter di bagian tanganatau bagian tubuh lainnya asal tidak terkena oleh mata.

5. Menyelamlah di tempat yang dangkal
Semakin dangkal anda menyelam maka semakin baik untuk segala kemungkinan terburuk. Biasanya penyelaman malam dilakukan untuk menikmati keindahan ekosistem dan ikan dimalam hari ketika mereka sedang tertidur. Semakin dangkal anga menyelam maka waktu untuk menikmati ekosistem tersebut juga akan semakin lama karena tidak perlu melakukan safety stop. Selain itu penyelaman di tempat dangkal akan lebih mudah untuk naik keatas apabila terjadi hal yang mengharuskan seorang penyelam naik keatas.

6. Bawa cadangan mata kita
Saat melakukan penyelaman malam senter adalah barang terpenting karena ia akan menjadi mata kita saat menyelam. Jadi disaranakn untuk membawa cadangan senter ketika sewaktu-waktu ada trobel dengan salah satu sendter yang kita gunakan. jangan lupa untuk selalu mengikatnya / menempelkan di badan kita agar senter tersebut tidak medah terlepas dan hilang.

7. Pahami kode simbol
Ketika melakukan night dive maka anda harus berkomunikasi dengan teman tentang simbol yang akan digunakan ketika melakukan komunikasi di bawah. Misalkan OK maka senter akan diputar seperti lingkan, misalkan TIDAK maka cahaya senter digelengkan akan-kiri, dll. Jika ini terlalu sulit maka arahkan scahaya enter pada tangan anda yang satunya dan buatlah kode dengan tangan anda.

8. Tau medan penyelaman
Sebelum melakukan penyelaman malam usahakan anda sudah mengetahui dengan benar medan perairan disana. Jika memungkinkan lakukanlah penyelaman pada siang hari terlebih dahulu di titik spot dive yang akan dilakakan untuk night dive.

9. Lampu Tanda Pulang
Ketika anda masuk dalam air melaui pantai / bukan dari kapal maka tandailah pantai tersebut dengan lampu, agar anda mudah utuk menemukan jalan pulang.

10. Berdoa dan tetap tenang serta fun
Berdoalah sebelum dan sesudah melakukan penyelaman, yang paling penting adalah tetap fun dan tetap tenang didalam pengalaman baru yang gelap. Cemas dan panik itu biasa terjadi apalagi bagi pemula, namun teruslah berfikir baik untuk mencapai terget night dive kalian.

Demikian beberapa tips untuk melakukan penyelaman malam agar tersasa lebih menyenangkan dan pastinya safety. Bagi teman-teman yang ingin berbagi beberapa tips lagi mengenai night dive selain tips diatas bisa mencantumkannya pada kolom komentar. Begitu pula bagi anda yang ingin bertanya silahkan menulkan pada kolom komentar yang sudah disediakan dibawah.

Waspadadira Anuraga