Tips Jitu Mengatasi Pusing Vertigo Saat Menyelam / Diving

Menyelam memang merupakan olahraga yang bisa dikatakan exttrim, kita harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan peralatan dengan sangat baik. Bukan hanya peralatan namaun kondisi fisik juga merupakan salah satu faktor penting dalam menyelam. Hal ini dikarenakan kita akan berada di dalam dunia yang sebenarnya bukan dunia kita.

Berbagai kendala pasti bisa saja terjadi saat menyelam, mulai dari trobel peralatan scuba, panik dengan kondisi sekitar, tak terkecuali pusing vertigo saat menyelam. Kali ini cinta laut ingin sedikit membagi tips bagaimana caranya untuk mengatasi sakit kepala saat menyelam.

gambar sakit kepala saat diving

Sering mengalami vertigo saat melakukan diving?
Bagaimana cara mengatasinya?

Awalnya perlu ita ketahui dahulu bahwa vertigo adalah kondisi dimana lingkungan sekitar kita berasa seperti bergerak miring atau berputar. Vertigo memang bsia terjadi kepada semua orang, ini bisa diakibatkan kondisi telinga yang terinfeksi, bisa juga diakibatkan kondisi fisik yang lemah, dan lain sebagainya.

Penyebab Vertigo Saat Diving
  1. Ketika menyelam anda mungkin akan mengalami vertigo atau pusing, hal ini bisa disebabkan karena
  2. Masker yang terlalu kencang
  3. Menyelam terlalu dalam
  4. Sedang sakit pilek
  5. Menggunakan dive hood / penutup kepala yang terlalu ketat
  6. Ketidak samaan tekanan antara telinga / dalam tubuh dengan tekanan di lingkungan sekitar

Cara mengatasi
Ada beberapa tips jitu untuk mengatasi masalah sakit kepala saat menyelam. sebelumnya perlu diketahui sprinsipnya ketika kita berada di dalam tekanan air yaitu kita harus mengatur tekanan dalam diri yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan. Cara yang umum dilakukan adalah:
  1. Melakukan menyamaan tekanan antara dalam tubuh dengan lingkingan caranya yaitu melakukan equalizing. Equalizing ini ada yang beberapa cara yaitu menelan ludah, menutup hidung sambil sisi / buang udara lewat hidung.
  2. Melakukan naik turun saat menyelam dengan pelan dan teratur
  3. Gunakan peralatan yang paling nyaman dan aman
  4. Periksalah ke ahlinya, karena biasanya vertigo juga bisa keluar saat kita selesai menyelam berada di atas kapal.
Tips selanjutnya: Cara Menyelam Bagi Yang Belum Pernah