Ronaldo Duta Mangrove Di Bali

Kapten Tim Nasional Portugal yang juga salah satu pemain terbaik dunia Cristiano Ronaldo, berharap langkahnya menjadi duta mangrove Bali bisa menginspirasi gerakan penyelamatan hutan mangrove. "Saya senang datang ke Indonesia, dan peran saya di Bali bisa memberikan dorongan pada inisaitf penyelamatan hutan bakau," kata pemain yang dikenal dengan CR7 itu saat menghadiri acara penanaman pohon bakau di kawasan Telaga Waja Benoa, Bali, Rabu. Pemain Real Madrid tersebut memang dipilih oleh Forum Mangrove Bali sebagai duta mangrove Ronaldo berada di Bali sejak Selasa malam. Pesepak bola Real Madrid itu tiba dengan pesawat jet pribadi di Lanud TNI AU Ngurah Rai. Dalam acara penanaman pohon bakau itu, Cristian Ronaldo juga bertemu dengan Presiden Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Alasan Ronaldo Cinta Mangrove

Ronaldo duta mangrove


Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengungkapkan alasan mengapa pesohor sepakbola dunia Cristiano Ronaldo jatuh cinta kepada mangrove.

"Itu terkait tsunami Aceh dan bocah Martunis yang terbawa tsunami selamat karena tersangkut di pohon mangrove," kata Zulkifli di depan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Cristiano Ronaldo di acara Save Mangrove, Save Earth di Bali, Rabu.

Foto Martunis bocah kelas 3 SD yang selama 19 hari terombang-ambing di laut yang  tersangkut di hutan mangrove beredar di jejaring media sosial. Yang menarik Martunis ketika diselamatkan mengenakan kaos Ronaldo yang memperkuat tim nasional Portugal. "Dari situ Ronaldo dekat dengan Martunis dan mangrove," kata Zulkipli.

Ronaldo menyempatkan menemui Martunis di Aceh dan memberinya beasiswa untuk sekolah. "Martunis dulu dikasih handphone oleh Ronaldo, tapi handphonenya hilang," tutur Menhut.

Zulkifli pun memanggil Martunis yang kini sudah remaja dan gemar bermain sepakbola. "Ini dia Martunis. Ayo ke depan salaman sama bapak Presiden dan Ronaldo," katanya.

Martunis pun maju dan menyalami Presiden dan Ronaldo.  Kemudian Menhut menyerahkan sertifikat Duta Peduli Mangrove Bali kepada Ronaldo.

Dalam pidato singkatnya Ronaldo mengatakan dulu ketika Tomy Winata memintanya menjadi Duta Mangrove Bali, dia  langsung tertarik.

"Terimakasih kepada Presiden SBY. Saya senang datang ke Indonesia. Semoga acara saya di Bali ini dapat meningkatkan pesan penyelamatan mangrove," kata Ronaldo.

Tidak terima uang untuk menjadi dita Mangrove

Pengusaha nasional Tomy Winata menceritakan bagaimana asal mula mengajak pesohor sepakbola dunia asal Portugal Christiano Ronaldo untuk datang ke Indonesia dan menjadi Duta Mangrove Untuk Bali.

"Saya bertemu Ronaldo di Madrid bulan Maret 2013. Lalu obrol soal konservasi alam, tsunami Aceh dan pentingnya menyelamatkan hutan bakau. Eh, dia tertarik dan mau datang ke Indonesia untuk kampanye mangrove," kata bos Artha Graha Grup itu di Jakarta, Selasa.

Kepada Tomy Winata, Ronaldo mengaku sangat istimewa dapat berperan dalam melestarikan mangrove di Indonesia.

"Saya pernah datang ke Aceh pasca tsunami dan kehancuran yang saya lihat menyisakan kenangan dalam diri saya," kata Ronaldo seperti diceritakan Tomy Winata.

"Saya melihat di tempat yang ditumbuhi mangrove terbentuk ekosistem yang dapat melindungi dari hantaman ombak besar, dengan demikian banyak jiwa yang selamat serta lebih sedikit kerusakan yang ditimbulkan," kata Ronaldo.

Tomy mengaku senang luar biasa Ronaldo mau mendukung penuh pelestarian mangrove di Indonesia.

Apalagi kesediaannya menjadi Duta Mangrove Untuk Bali itu secara sukarela atau cuma-cuma.
"No commercial deal. Ronaldo tidak mau terima uang satu dolar pun untuk kampanye hutan bakau di Bali," ujar Tomy menceritakan kiatnya mengajak tokoh yang biasa dipanggil dengan sebutan CR7 itu.

Ronaldo bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menanam mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai pada 26 Juni 2013.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya hutan mangrove dan mengajak partisipasi aktif masyarakat guna pelestarian hutan mangrove.

"Kesediaan Presiden Yudhoyono, Menteri Kehutanan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Lingkungan Hidup dan pejabat lainnya untuk kampanye menanam bakau bersama Ronaldo sangat diapresiasi oleh Ronaldo. Ia menilai Pemerintah Indonesia sangat peduli lingkungan," katanya.
Tomy Winata menilai Ronaldo adalah Duta Penyelamatan Mangrove yang cocok mengingat dia menjadi daya tarik dan panutan.

CR7 Menjadi Duta Mangrove Indonesia

Ronaldo, kata Tomy, memiliki fans banyak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pengikut twitternya puluhan juta terdiri dari berbagai kalangan. Selain itu, apapun kegiatan pemain bola bintang Real Madrid itu selalu menjadi magnet publikasi media di seluruh dunia.

"Pastinya kedatangan Ronaldo bersama kekasihnya Irina akan menjadi pemberitaan media. Kami mengharapkan pesan 'Save Mangrove, Save Earth' dapat menjangkau segala lapisan masyarakat, baik tua maupun muda, yang kaya maupun yang miskin," kata Tomy lagi.

Forum Peduli Mangrove melalui program "Artha Graha Peduli" menggaet bintang sepak bola Real Madrid, Cristiano Ronaldo atau biasa disebut "CR7", sebagai duta pelestarian mangrove di Indonesia.

"Saya sungguh senang dan bahagia bahwa Ronaldo setuju mendukung penuh kegiatan kami guna melestarikan hutan mangrove di Indonesia," kata pendiri Forum Peduli Mangrove Indonesia, Tomy Winata, dalam keterangan pers di Jakarta, Senin.

Tomy mengatakan bahwa penobatan pesepak bola asal Portugal tersebut sebagai Duta Mangrove untuk Bali berdasarkan pertemuan di Madrid, Spanyol, Jumat (8/3).

Tomy Winata bersama mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Gories Mere, akan bertemu CR7 pada acara Konfederasi Komisi PBB Antinarkotika dan obat terlarang atau "United Nations Office on Drugs and Crime" (UNOCD) ke-56 yang berlangsung di Wina, Austria, 11--15 Maret 2013.

Selain masalah narkotika, konfederasi tersebut memiliki kebijakan utama kerja sama bagi pelestarian satwa dan pencegahan kerusakan hutan.

Tomy menilai Ronaldo cocok menjadi duta penyelamatan mangrove karena memiliki daya tarik dan panutan sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat mengikuti menjaga kelestarian tanaman bakau.

Sementara itu, Ronaldo merasa istimewa ikut berperan melestarikan mangrove di Indonesia.
"Saya pernah datang ke Aceh setelah tragedi tsunami, dan kehancuran yang saya lihat, menyisakan kenangan yang dalam pada diri saya," ujar pesepak bola terbaik dunia 2008 tersebut.

Ronaldo mengungkapkan bahwa tempat yang banyak ditumbuhi mangrove akan terbentuk ekosistem yang dapat melindungi hantaman ombak sehingga menyelamatkan jiwa manusia serta mengurangi kerusakan alam.

Tomy Winata menuturkan bahwa pihaknya telah mengonservasi suatu kawasan dan rehabilitasi satwa liar dan langka, hutan, flora, dan fauna, laut, serta terumbu karang meliputi areal hutan seluas 44.500 hektare dan areal konservasi laut seluas 14.500 hektare di Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) di semenanjung selatan Pulau Sumatera.

TWNC memiliki sekitar 3.000 hektare hutan mangrove yang berada di dua danau, serta terkenal dengan kepeduliannya menyelamatkan dan merehabilitasi harimau sumatra yang berada diambang kepunahan.

TWNC juga bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk menyediakan pascarehabilitasi para korban narkoba yang mendapatkan perhatian serius dari salah satu organisasi PBB sehingga UNODC memberikan kesempatan menyampaikan program tersebut pada pertemuan konfederasi internasional di Wina.

Tomy menjelaskan bahwa Forum Peduli Mangrove adalah gerakan pelestarian mangrove yang didukung oleh lima lembaga pemberdayaan masyarakat yang berada di selatan Tanjung Benoa-Bali.

Forum Peduli Mangrove akan diresmikan pada bulan Mei 2013 bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya hutan mangrove, mengajak partisipasi aktif masyarakat melestarikan mangrove, dan mengembalikan kondisi ekosistem, serta keragaman hayati (bio-diversity) bagi tanaman mangrove. (T014/D007)

Sumber: Antaranews.com