Ketahui Tentang Masker Kacamata Selam Sebelum Membeli

Masker atau kacamata selam merupakan salah satu peralatan yang sangat penting. Ibarat kata masker adalah mata kita ketika mejalani kehidupan sehari-hari. Masker atau kacamata selam memiliki desain khusus dimana mampu dipakai di wajah tanpa ada kebocoran atau kemasukan air. Bahan dan desain serta fungsi yang sangat pas dari masker ini membuat para diver (penyelam) pasti menggunakan ketika melakukan penyelaman.

Harga untuk masker selam ini juga bervariasi, melihat jenis, model, dan merk. Banyak sekali toko baik offline maupun online yang menjual masker selam. Sebelum anda membeli alangkah baiknya untuk mengetahui jenis dan model masker yang cocok untuk anda.

Desain Masker Selam Pada Umumnya
desain gambar masker selam kacamat aselam

Bisa dilihat pada gambar diatas, kacamata selam ini memliki banyak bagian dengan fungsi sendiri2x, mulai dari kaca sebagi pemisah antara mata dan air yang mana terdapat rongga udara didalamnya, kemudian karet penutup hidung, karet perekat, dan bagian lainnya seperti kuncian pengencang, karet penutup dll. Untuk mengenal lebih jauh lagi tentang bagian-bagian masker mari kita lihat dibawah ini.

Bagian-Bagian Di Masker Selam

nama bagian bagian di masker selam


  1. Strap: Berfungsi sebagai tali pengikat antara bagian masker dengan wajah
  2. Skrit: Merupakan batasan / penutup pinggiran yang terbuat dari bahan lentur sehingga fleksibel pada wajah dan memiliki fungsi agar air tidak dapat masuk ke dalam kacamata
  3. Frame: Merupakan bingkai keras untuk tempat kaca lensa agar tetap kencang
  4. Nose Pocket: Tempat untuk hidung yang terbuat dengan bahan lentur, biasanya satu rangkaian dengan skirt cuma lebih keras sedikit
  5. Lens: Kaca untuk melihat, memiliki jarak/ ronga udara dengan mata
  6. Strap Control: Bagian untuk mengatur longgar dan kencangnya masker untuk wajar kita

Jenis-Jenis Model Masker Selam Di Dunia

Berbagai macam jenis dan bentuk masker selam kini sudah cukup banyak dan berfariasi. ada yang kaca terpisah, namun ada juga yang memiliki kaca sambung/ jadi satu. lihatlah gambar dibawah ini:

model masker bulat full face

model masker selam moderen full muka snorkeling diatas

model kacamata selam terbaru seperti ninja

model kamacata selam moncong babi

masker selam unik gabungan dengan camera underwater

Anda pilih yang mana?
Yang tak kalah pentingnya adalah ketika kita sudah memiliki barang yang kita kehendaki yaitu tinggal bagaimana kita untuk merawatnya, next baca cara standar internasional bagaimana untuk merawat masker selam.

Biasanya masker ini berpasangan dengan snorkeling / pipa pernafasan ketika digunakan berenang di permukaan air.