Program Aksi Cinta Laut Indonesia (ACL)

Baru-baru ini telah diadakan sebuah program dari Kementrian Kelautan dan Perikanan atau disebut KKP yaitu tentang ACL atau "Aksi Cinta Laut". ini merupakan program yang sangat positif agar warga Indoensia lebih dapat mengenal keistimewaan laut Indonesia terutama menungkatkan rasa cinta kepada bahari Indonesia.

poster aksi cinta laut indonesia

Tujuan Program ACL

Dikutip dari seumber terpercaya bahwa tujuan dari program Aksi Cinta Laut Indonesia ini diantaranya:
  • Meningkatkan rasa cinta kepada sumberdaya dan kekayaan alam laut dan perikanan Indonesia
  • Mengajak semua pihak untuk tetap melestarikan dan ikut serta dalam menjaga sumberdaya laut dan perikanan Indonesia dengan bijaksana
  • Ikut serta masyarakat luas untuk mengkampanyekan "Laut Masa Depan Bangsa"

Dari tujuan diatas maka didapatkan beberapa terget peserta yang diikuti oleh:
  1. Pelajar : SD-SMP-SMA-Mahasiswa
  2. Jurnalis
  3. Umum

Kegiatan Aksi Cinta Laut meliputi:
  1. Menggambar aksi cinta laut
  2. Aksi penyuluhan kelautan dan perikanan sejak usia dini
  3. Membuat poster tentang kelautan
  4. Membuat video pendek
  5. Membuat video animasi
  6. Aksi penulisan Jurnalistik
Kegitan ACL / Aksi Cinta Laut yang diselenggarakan oleh KKP ini diadakan tahun 2015 ini tepatnya di bulan Agustus-November 2015. Banyak sekali pihak yang ikut memeriahkan aksi cinta laut tersebut. Dalam sambutannya KKP menyebutkan sangat senang melihat antusias para peserta yang ikut meramaikan program ACL ini.


Hasil Program Aksi Cinta Laut

Dari serangkaian acara diatas maka didapatkanlah beberapa finalis ACL 2015 ini. Acara aksi cinta laut memliki beberapa finalis di dalam jenis aksi atau perlombaannya masing masing. Ada sekitar 21 orang yang menjadi finalis dalam program aksi cinta laut Indonesia. Semua finalis akan diuji kembali dengan dewan juri yang sangat kompeten dibidangnya.

Semua finalis akan dikumpulkan menjadi satu di kantor KKP sekaligus menjadi puncak perayaan Aksi Cinta Laut ini. Pemenang dalam perlombaan akan mendapatkan beberpa hadiah dari penyelengaraa sesuai kategori yang telah diselenggarakan di bulan Desember 2015.