Terumbu Karang Spesies Acropora Bifurcata

Gambaran Umum Acropora Bifurcata

Karang atau bahasa gaulnya disebut dengan coral ini memiliki bentuk koloni seperti meja / datar. Cabang pada acropora bifurcata tipis dan terlihat jarang-jarang antara cabang satu dengan lainnya. Jadi untuk acropora spesies ini terlihat percabangan yang jelas di sisi-sisi ujung / pinggir lingkaran. Pada cabang dekat dengan pusat akan terlihat lebih pendek, namun jika dilihat pada sisi ujung / pinggiran koloni akan terlihat percabangannya dengan jelas.

Radial koralit Acropora bifurcata memiliki jarak yang cukup rapat antara satu dengan lainnya. Ini menyebabkan apabila cabang masih baru / muda, maka aksial koralit / koralit di ujung tidak terlalu jelas dilihat oleh kasat mata. Bentuk dari radial koralit / koralit yang berada di samping-samping batang menyerupai cangkir dan tidak ditumbuhi tentakel yang mirip dengan bunga. Acropora bifurcata memiliki warna gelap pada bagian tengah dan lebih terang di bagian ujungnya.

Foto Acropora Bifurcata

radial aksial koralit karang acropora bifurcata

karang acropora bifurcata karang acropora bifurcata

kerangka karang acropora bifurcata

Foto gambar diatas diambil dari beberapa tempat selerti di Palau dan Flores.

Spesies Karang Yang Serupa

Karang A. bifurcata ini memiliki bentuk fisik mirip dengan acropora cytherea. Perbedaan yang dapat dilihat terletak pada kerapatan tinggi serta jalur cabang koralit yang lebih tertata rapi. Selain itu A. bifurcata juga mirip dengan A. hyacinthus. Kemiripannya terletak pada pertumbuhan koloni yang berbentuk seperti meja / datar, namun dapat dibedakan dengan bentuk koralit radial yang berbentuk seperti kelopak bunga serta cabang yang cenderung lebih tebal.


Pertumbuhan Karang

Terumbu karang jenis ini dapat tumbuh dan berkembang di perairan dangkal yang mendapatkan sinar matahari cukup. Kelimpahan di satu tempat bisa dikatakan jarang.

persebaran karang acropora bifurcata
Karang jenis Acropora bifurcata ini banyak tersebat di perairan Indo-Pasific, terutapa di perairan Indonesia.

Info
Karang jenis A. bifurcata ini pernah dianggap menjadi satu jenis dengan A. hyasinthus
Sumber: Veron (2000). Taksonomi referensi: Nemenzo (1971).